Jelajah
IMG-LOGO
DESA

REMBUG STUNTING 2023 DESA KALIREJO

Create By Sutajib 25 July 2023 218 Views
IMG

 

Rembug Stunting merupakan bagian dari musyawarah antar Perangkat Desa termasuk Kepala Dusun dan BPD, kader kesehatan, Guru Paud, TP PKK,  dan unsur-unsur lainnya kepada pemerintah desa untuk memusyawarahkan usulan rencana kerja di RKPDes tahun selanjutnya. Melalui rembug stunting, pemerintah desa melakukan musyawarah perencanaan pembangunan desa agar penggunaan dana desa dapat dipergunakan untuk pencegahan dan penanganan masalah kesehatan terutama stunting.

Pelaksanaan rembug stunting di Desa Kalirejo sudah terlaksana pada Jum’at, 21 Juli 2023. Pendamping kader kesehatan Desa Kalirejo, Muhammad Taufik perwakilan dari Kecamatan Salaman, dan bu bidan Erma Nuraini sebagai pemandu diskusi. Stunting adalah kondisi tumbuh  kembang pada anak atau balita yang mengalami keterlambatan atau ganguan pada  usia  yang semestinya.  Berdasarkan keadaan di lapangan yang disampaikan oleh salah satu Kepala Dusun anak  yang mengalami stunting memiliki latar belakang yang beragam seperti pertumbuhan anak tidak sesuai dengan usianya, mengalami kelambatan dalam perkembangan. Bu Erma Nuraeni mengatakan  ’Hal itu di sebabkan karena rahim ibu belum siap atau seperti sebelum mempunyai anak ibu harus menjaga pola makan sehat dan ketika sudah lahir seorang anak harus diberikan pola asuh yang benar, karena usia 0-2 tahun adalah usia pencegahan stunting”.

Adapun solusi untuk mengurangi angka stunting di Desa Kalirejo yaitu dengan pemberian konseling kepada orang tua atau calon ibu, pengerakan kembali posyandu remaja di setiap dusun, pemberian penyuluhan yang di adakan setahun 4 kali, seperti penyuluhan kepada remaja putri, penyuluhan ilmu parenting, dan juga menggerakkan kembali posyandu remaja karena apabila kesehatan remaja sudah bagus maka dapat mencegah stunting. 

Langkah yang dilakukan oleh kader kesehatan desa serta perangkat desa adalah dengan melakukan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarat agar menjaga kesehatan  lingkungan dan mencegah stunting sejak dini serta memberikan pemahaman adanya dampak stanting pada pertumbuhan anak. Karena gizi dan nutrisi pada balita sangat perlu diperhatikan guna memperkecil angka stunting di Desa Kalirejo. Harapan  dari diadakan kegiatan rembug stunting ini agar setiap orang paham akan pentingnya  menjaga kesehatan lingkungan dan bahaya dari stunting pada anak dan balita. Dilanjutkan pada anak usia paud diusulkan untuk melengkapi APE, yangsangat berguna bagi tumbuh kembangnya anak usia dini.