Jelajah
IMG-LOGO
PKK Pokja II

Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini oleh Kelompok PKK Desa Kalirejo

Create By Sutajib 17 July 2023 136 Views
IMG

Kelompok PKK Desa Kalirejo menyelenggarakan “Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)” di balaidesa Kalirejo pada 10 Juli 2023. Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan salah satu kelompok KKN yang ada di desa Kalirejo yaitu dari KKN Universitas Negeri Semarang. Sosialisasi ini dihadiri oleh ibu-ibu masyarakat desa Kalirejo yang memiliki anak pada usia dini atau usia pra sekolah.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada para ibu yang memiliki anak pada usia pra sekolah agar menitipkan anak-anaknya untuk belajar dan bermain di bangku pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD merupakan salah satu proses pendidikan anak yang penting, hal ini dikarenakan kesempatan PAUD tidak akan terulang kembali sehingga diperlukannya bekal yang tepat bagi anak untuk kehidupan yang berkelanjutan. Seperti yang disampaikan pula oleh Bunda PAUD Kecamatan Salaman beliau Ibu Mira Fatimah, bahwa “Masa usia dini adalah kesempatan yang tak kembali karena pada periode ini perkembangan otak berada direntang yang paling pesat sehingga anak membutuhkan dukungan tumbuh dan kembang agar dapat siap bersekolah melalui dukungan dari keluarga maupun dari satuan di PAUD.” Adapun di bangku PAUD ini sendiri anak-anak akan diajarkan untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Selain itu, anak-anak akan memiliki teman sejawat sehingga anak-anak akan belajar dan dituntut untuk bersosialisasi dan bekerjasama dengan teman-temannya dengan adanya bimbingan dan pengawasan dari satuan di PAUD yang tentunya telah ahli dibidangnya.

Sosialisasi ini diisi oleh 2 pemateri hebat yaitu beliau Bunda PAUD Kecamatan Salaman Ibu Mira Fatimah dan mahasiswi KKN Universitas Negeri Semarang jurusan PGPAUD yaitu Isnaini Nurkhasanah. Dalam penyampaian materi ini juga diselingi dengan adanya door prize sebagai bentuk ice breaking kepada anak-anak dan para ibu dengan pemberian beberapa hadiah yang telah disiapkan. Peserta kegiatan berantusias dengan adanya sosialisasi ini, hal ini dapat dilihat dari partisipasi aktif peserta dalam serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan.

96,8 FM Radio Gemilang