Jelajah
SELAMAT DAN SUKSES UNTUK SEMUA WARGA DESA KALIREJO ATAS PENYELENGGARAAN PILKADES 2022
IMG-LOGO
DESA KALIREJO

Visi Misi

Create By 13 September 2022 Views
IMG

VISI DESA KALIREJO

Visi adalah suatu gambaran yang menintang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Kalirejo ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Kalirejo seperti pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan, kerja wilayah pembangunan di kocamatan. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Kalirejo adalah "MEWUJUDKAN DESA KALIREJO YANG MANDIRI, MAJU, AMAN, DAN SEJAHTERA SERTA TERCIPTANYA MASYARAKAT YANG BERSATU DAN BERMARTABAT"

Penjabaran dari Visi Pemerintahan Desa Kalirejo, adalah sebagai berikut :

1. MANDIRI : Kemandirian dalam hal ini meliputi 2 (dua) sisi yaitu pemerintah desa dan masyarakat Oleh karena itu ketercapaian kemandirian dapat dilihat dari adanya peningkatan      kemampuan pemerintah desa dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa.

2. MAJU : Mengandung makna terwujudnya desa Kalirejo yang lebih baik dari waktu ke waktu baik adanya peningkatan kualitas SDM, ekonomi masyarakat yang semakin stabil dan      sebagainya.

3. AMAN : Mengandung makna terwujudnya Desa Kalirejo yang lebih baik dengan meningkatnya sistem keamanan Swakarsa dalam upaya terciptanya rasa aman pada Masyarakat       Desa Kalirejo.

4. SEJAHTERA : Terwujudnya Desa Kalirejo yang sesuai namanya Kali dan Rejo dimana Kali yang berarti aliran dan rejo yang berarti sejahtera dengan demikian berarti bahwa           segenap warga masyarakat Desa Kalirejo selalu berusaha agar kesejahteraan terus menerus mengalir seperti aliran sungai tak hanya bagi masyarakat tapi juga alam lingkungan     baik secara lahir maupun bathin

5. BERSATU : Mengandung makna terwujudnya persatuan di Desa Kalirejo yang lebih baik dengan meningkatnya kerjama antar elemen di desa Kalirejo. Bersatunya antara masyarakat      Kalirejo dan pemerintahan

6. BERMARTABAT : Mengandung makna terwujudnya Desa Kalirejo yang Berbudaya, Maju, Religius, Terintegrasi, Berkesinambungan dan terbuka.

Selain itu demi mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka diperlukan adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan baik (sehat, cerdas dan produktif) serta memanfaatkan secara bijak potensi alam namun tetap mengutamakan pelestarian fungsi lingkungan sebagai upaya  menjaga kualitas sumber daya alam harus dilakukan.

MISI DESA KALIREJO

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas misi. Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan dikerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Kalirejo, sebagaimana proses yang dilakukan maka misi Desa Kalirejo adalah:

1. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pembinaan kehidupan beragama yang dinamis dan harmonis.

2. Menjalin dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat serta solidaritas dan kepedulian social.

3. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai pelatihan keterampilan dan penguasaan iptek.

4. Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi pertanian, pariwisata, kebudayaan, UMKM, dan potensi lokal.

5. Menciptakan keamanan, ketertiban, dan ketenteraman masyarakat melalui pemberdayaan partisipatif warga masyarakat.

6. Peningkatan dan pemerataan pembangunan sarana infrastruktur di semua segi kehidupan masyarakat melalui standar skala prioritas pembangunan yang berkesinambungan.

7. Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) secara terpadu, konservatif, estetis, dan ramah lingkungan.

 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - DESA KALIREJO

Artikel Lainya